Pentingnya Pelayanan Kecamatan bagi Masyarakat


 2020-02-10 |  Kecamatan Nganjuk

Salah satu pelayanan masyarakat yang terdapat pada Kecamatan adalah PATEN (Pelayanana Administrasi Terpadu Kecamatan) dalam mewujudkan pelayanan yang profesioal, transparan, efektif dan efesien sebagai tolak ukur terselenggaranya tata kelola pemerintah yang baik (good governance) untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.

Untuk Camat melaksanakan kewenangan yang tercantum pada Permen no.19 tahun 2008 tentang Kecamatan. Di samping tugas Kecamatan sebagai pelayanan publik masyarakat tugas lainnya juga terletak pada sistem Sarana dan Prasarana pengadaan barang, sistem administrasi, keuangan dan kewenangan bidang pemerintahan.

  Tujuan PATEN Kecamatan Nganjuk untuk meningkatkan Tata Kelola Penyelenggaraan Pemerintah Kecamatan, selain tujuan PATEN Kecamatan Nganjuk juga mempunyai sasaran yang akan dicapai seperti :

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan administrasi terpadu Kecamatan
  2. Meningkatkan penyelenggaraan pemerintah Kecamatan dan pembinaan pemerintah Desa/ Kelurahan.

Indikator yang dicapai Kecamatan Nganjuk juga meliputi :

  1. Presentasi koordinasi dan pembinaan yang di tindaklanjuti dalam 1 (satu) tahun di bidang pemerintahan, pembangunan, perekonomian, ketentraman, dan ketertiban umum, kesejahteraan sosial dan sarana prasarana.
  2. Presentasi Kelurahan yang melaksanakan tata kelola pemerintahan yang baik.
  3. Peningkatan nilai Desa yang membangun.

Jenis pelayanan di Kecamatan Nganjuk meliputi : registrasi pelayanan permohonan SKM, permohonan pindah tempat, permohonan ijin mendirikan bangunan, permohonan pembuatan Akta Kelahiran, permohonan surat keterangan ahli waris, permohonan perekaman e-KTP, KK, model DK dan masih banyak lagi.

PATEN Kecamatan Nganjuk itu sendiri juga mempunya tata nilai budaya kerja antara lain : Bekerja dengan 5S (senyyum, salam, sapa, sopan, santun), melayani dengan sepenuh hati, profesional dalam bekerja, disiplin dalam bekerja, bertanggung jawab dalam bekerja.   (Cks/Ngk)