BPS Terapkan Sensus Penduduk Online di Tahun 2020


 2020-02-17 |  Kecamatan Nganjuk

Menyediakan data jumlah, komposisi, persebaran dan karakteristik penduduk Indonesia, sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan pemerintah adalah salah satu tujuan penyelenggaraan kegiatan pendataan lengkap seluruh Indonesia  sesuai Peraturan Undang- Undang nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik dan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik serta rekomendasi PBB mengenai Sensus Penduduk dan Perumahan.

Pada pelaksanaan SP2020, Badan Statistik (BPS) melakukan inovasi dan pembaruan metode dibanding sensus penduduk sebelumnya. Di tahun ini akan digunakan metode kombinasi yaitu memanfaatkan data administrasi kependudukan (adminduk) dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Kementrian Dalam Negeri RI. Sensus penduduk 2020 akan dilaksanakan dalam 2 (dua) periode yaitu :

  • Sesus penduduk online yang dapat dilakukan pada tanggal 15 pebruari s.d 31 maret 2020;
  • Kegiatan verifikasi dan pencacahan lapangan pada tanggal 01 s.d 31 juli 2020.

Salah satunya dalam pelaksanaan SP2020 ini sangat membutuhkan keterlibatan masyarakat terutama aparatur pemerintah wilayah administrasi terkecil yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Kunci sukses penyelenggaraan SP2020 adalah Koordinasi intensif dengan setiap Kementrian/ Lembaga dan Organisasi Perangkat Daerah, serta jajaran pemerintah pusat dan daerah.

Baik sesnsus penduduk online maupun wawancara akan melibatkan Lurah, Kepala Desa, dan Ketua/Pengurus Satuan Lingkungan Setempat (SLS) terkecil (RT, RW, Dusun, dan sebagainya). Maka menginstruksikan kepada Lurah dan Kepala Desa untuk memberikan dukungan seperti :

  1. Menyebarluaskan informasi mengenai SP2020 di berbagai kesempatan dan media, diantaranya seperti forum masyarakat dan termasuk Whatsapp Group;
  2. Membantu memasang dan menyebarkan publisitas SP2020 di berbagai tempat, diantaranya banner, poster dan leaflet (bahan untuk publisitas poster/leaflet akan disediakan);
  3. Mengajak warga masyarakat untuk berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online;
  4. Membantu petugas sensus pada pelaksanaan Sensus Penduduk Wawancara; dan
  5. Memberikan arahan dan membuat surat edaran untuk ketua/pengurus SLS untuk memberikan arahan mengenai perannya dalam SP2020 (contoh surat disediakan).

“Harapannya agar kita semua sebagai aparat pemerintah dapat berpartisipasi secara aktif dan mendukung sepenuhnya kegiatan Sensus Penduduk 2020 demi kemajuan Negara Indonesia”.  (Cks_Ngk)