Simulasi Pencurian Sepeda Motor dikaitkan dengan Bencana Kebakaran di Kelurahan Bogo


 2020-02-28 |  Kecamatan Nganjuk

Penilaian Lomba Siskamling yang bertempat di Rt. 03 Rw.02 Kelurahan Bogo Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk menceritakan tentang Pencurian Sepeda Motor dikaitkan dengan Bencana Kebakaran. Dalam lomba ini dihadiri oleh Tim Penilai dari Kabupaten Nganjuk beserta Wabup Nganjuk pada Kamis Malam (27/02/2020) . 

Tujuan daripada lomba Poskamling dan lomba Siskamling tersebut adalah untuk memberikan semangat serta memotifasi Masyarakat untuk lebih giat lagi menjaga kemanan lingkungannya masing-masing sehingga diharapkan tercipta situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

Dan Seperti ini Kronologi kejaidan yang akan dilombakan .

Kebakaran di lingkungan Rt. 03 Rw. 02 Kelurahan Bogo bermula ketika seluruh warga sedang beramai-ramai menyaksikan acara orkes melayu yang sedang diadakan di lingkungan tersebut. Petugas ronda yang melaksanakan piket hari itu selalu memberitahu kepada warga untuk berhati-hati saat meninggalkan rumah untuk selalu mengunci pintu rumah.

Dalam pertengahan acara terjadilah pencurian di salah satu rumah warga karena lupa tidak mengunci pintu rumah, sehingga pencuri berhasil membawa satu unit sepeda motor pemilik rumah. Akan tetapi aksi tersebut berhasil digagalkan oleh petugas ronda saat sedang berkeliling di lingkungan sehingga petugas ronda membawa pencuri dan barang bukti ke Pos Kamling Kelurahan untuk diamankan dan dimintai keterangan lebih lanjut.

Pada saat pencuri diamankan di Pos Kamling banyak warga yang merasa jengkel akibat perbuatannya, sehingga dengan sergap warga langsung mengkroyok pencuri hingga babak belur. Akibat dari tindakan tersebut Kepala Kelurahan Bogo datang dengan maksud akan melerai mereka dan membawa pencuri kepada pihak yang berwajib. Karena warga masih saja menghakimi secara massa dan tidak mendengarkan instruksi dari Lurah maka dipanggillah Babinsa dan Babinkamtibmas sehingga pengkroyokan pun berhenti dan petugas ronda  membawa pencuri kepada pihak yang berwajib.

Pada saat pencuri diamankan, warga masih saja belum terima akan kejadian itu, maka di bakarlah sepeda motor milik pencuri. Akibat kebakaran yang dilakukan warga tersebut mengakibatkan api semakin besar dan merambat ke salah satu rumah warga. Dalam rumah warga yang terbakar tinggal seorang nenek di dalamnya. Nenek itu meminta tolong kepada warga dan dengan tanggap Lurah menghubungi Pemadam Kebakaran dan Puskesmas untuk datang dilokasi kejadian.

Tak lama kemudian Mobil Pemadam Kebakaran dan Mobil Ambulance sampai. Seluruh warga segera membantu proses pemadaman rumah dengan seluruh alat yang ada dan berusaha membantu untuk evakuasi korban. Beruntungnya nenek yang ada didalam rumah berhasil di evakuasi dan tidak mengalami luka serius.