Kecamatan Nganjuk adakan Rakor terkait Lomba LSS Tahun 2020 Tingkat Kecamatan dan Kabupaten


 2020-03-03 |  Kecamatan Nganjuk

Pelaksanaan Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LSS) adalah salah satu kegiatan tahunan yang diadakan Kecamatan Nganjuk guna meningkatkan kualitas dan kuantitas kesehatan lingkungan di sekolah. Dalam pelaksanaan tersebut Kasi Kesejahteraan Masyarakat (Sri Laila R) beserta Koordinator dari Puskesmas melakukan Rapat Koordinasi Lomba LSS Tahun 2020 Tingkat Kecamatan dan Kabupaten di Kantor Kecamatan Nganjuk, Rabu (03/03/2020) yang dihadiri 17 orang yaitu Kepala Sekolah SD dan TK. 

Dalam lomba LSS akan dilaksanakan pertengahan bulan Juli selama 3 hari. Sekolah yang akan mewakili Lomba tersebut adalah 6 SD dan 9 TK untuk Tingkat Kecamatan. Adapun Penilaian Tingkat Kabupaten yaitu sekolah yang mewakili adalah SD Kramat 1 dan TK Adhata. 

Dalam Rapat tersebut membahas bagaimana sikap wali kepada anak didik nya, yaitu dengan berbagai cara :

1. Menciptakan kebiasaan yang baik kepada anak didik seperti G21H (Gerakan 21 Hari)

2. Terapkan PAMAN AMAN di Kantin Sekolah untuk menghindari 4P (Pewarna, Pengembang/Pengenyal, Perasa, Pengawet)

3. Ciptakan sudut baca perpustakaan untuk anak didik

4. Giring anak-anak untuk pergi jajan di kantin sekolah untuk menghindari penjual yang olahannya kurang sehat

5. Mengikutsertakan anak-anak untuk menjadi Kader Tiwisada di Puskesmas Nganjuk

menambahkan Koordinator dari Puskesmas Nganjuk bahwa untuk mengikuti lomba harus mempersiapkan logo UKS yang benar. Selain itu kelengkapan lainnya berada pada ruang UKS antara lain adanya timbangan, matras, alat ukur tinggi badan, inventaris ruangan serta buku kunjungan.

untuk pengobatan penghilang rasa sakit dianjurkan juga untuk menggunakan obat luar seperti minyak kayu putih, frescare, tambah Bu Nyoman.

selain itu ajarkan kepada anak didik untuk melakukan "ISI PIRINGKU" yaitu memberikaan makanan yang berisi lauk pauk, karbohidrat, buah-buahan, dan sayur.

(CKS_Ngk)