Pertemuan Ibu Smart Kecamatan Nganjuk bersama Puskesmas Nganjuk


 2020-03-16 |  Kecamatan Nganjuk

Nganjuk – Pentingnya pertemuan kelas Ibu Smart bagi Ibu menyusui sangat berhubungan dengan pondasi 5 pilar. Puskesmas Nganjuk melakukan pertemuan bersama ibu menyusui dan kader pendamping se Kecamatan Nganjuk, sekitar 25 orang yang datang dalam kegiatan ini. Senin, 16 Maret 2020 di Kantor Kecamatan Nganjuk.

Kepala Puskesmas Nganjuk memberikan sambutan tentang kegiatan pertemuan ini, selai itu tidak lupa juga memberi pengarahan tentang virus yang sedang menyebar dikalangan masyarakat. Didalam isi pengarahan tersebut ibu-ibu dihimbau untuk selalu hidup bersih serta termasuk mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang bayi maupun memegang  barang.

Cuci tangan yang baik yaitu dengan air mengalir sekitar 40-60 detik, jikapun tidak ada air bisa menggunakan hand sanitizer dengan hitungan 20-40 detik.

Selama kegiatan berlangsung ibu dan kader melakukan 3 pengelompokan untuk berdiskusi keluhan apa yang dialami oleh ibu dan anak serta memberikan penyuluhan perawatan bayi yang benar yaitu selalu berikan kehangatan pada tubuh bayi.

Selalu beri ASI kepada bayi dari umur 0-6 bulan untuk mengurangi terjadinya stunting pada anak. Setelah lebih dari 6 bulan beri makanan pendamping yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Selain mencegah stunting ASI juga memberikan kekebalan tubuh, nutrisi, dan vitamin pada anak. Sehingga, anak yang melanjutkan menyusui lebih ajarang sakit daripada anak yang sudah tidak memberi ASI. Pada saat anak sakit, ASI juga dapat menjadi sumber makanan yang mudah untuk diterima.

Terakhir semboyan dari Pondasi 5 pilar, ibu cerdas, anak sehat, bebas stunting yes yes yes. Inilah yang dilakukan untuk menyemangati para ibu smart di lingkungan Kecamatan Nganjuk. (CKS_Ngk)

- Baca juga berita dan artikel lainnya: 

Pentingnya Pencegahan Penyakit Chikungunya _ https://nganjuk.nganjukkab.go.id/berita/detail-berita/43

Puskesmas Nganjuk berikan Petunjuk Untuk Mencuci Tangan Dengan Baik dan Benar _ https://nganjuk.nganjukkab.go.id/berita/detail-berita/40

Gunakan Layanan LAPOR Untuk Pelayanan Publik _ https://nganjuk.nganjukkab.go.id/berita/detail-berita/42