Pentingnya Penyemprotan Disinfektan dan Penggunaan Antiseptik


 2020-03-31 |  Kecamatan Nganjuk

Disinfektan adalah bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi  atau pencemaran oleh jasad renik  atau obat untuk membasmi kuman penyakit.

Disinfektan itu sendiri juga dipercaya mampu mensterilkan benda-benda dari kuman, bakteri, dan virus karena mengandung chlorin.

Bahan kimia chlorin memiliki fungsi untuk membunuh virus, termasuk virus Corona. Selain itu, disinfektan dengan menggunakan cairan pemutih umumnya dibuat dari hidrogen peroksida, creosote, dan alkohol.

Disinfektan juga memiliki kandungan konsentrasi biosida yang cukup tinggi. Disinfektan lebih efektif mencegah timbulnya bakteri dan mikroorganisme pada permukaan benda mati.

Selain membahas tentang .Disinfektan, kita juga akan membahas tentang pentingnya penggunaan Antiseptik.

Cairan disinfektan dan antiseptic sangatlah berbeda, cairan disinfektan hanya dapat digunakan untuk mematikan kuman, bakteri dan virus yang menempel di permukaan benda yang ada disekitar. Cairan ini dapat digsemprotkan 2 (dua) kali sehari, seperti penyemprotan pada benda ganggang pintu, toilet, saklar lampu, meja, kursi, dsb dan hindari penyemprotan langsung pada makhluk hidup.

Sedangkan antiseptic atau sering disebut hand sanitizer adalah cairan pembersih tangan untuk mensterilkan pada anggota tubuh yang rentan menjadi sumber bakteri yaitu salah satunya tangan.

Selain antiseptic yang sangat mudah dan sangat simple digunakan, kita tdak dianjurkan untuk menggunakannya setiap hari karena cairan itu sendiri banyak mengandung bahan alcohol yang dapat merusak permukaan kulit. Maka sangatlah dianjurkan untuk kita sesering mungkin mencuci tangan menggunakan air mengalir karena lebih efektif.

Biasakan diri  mulai dari sekarang. Jaga pola hidup sehat, sehat itu mahal. Lebih baik menjaga daripada mengobati.

baca juga berita dan artikel terbaru kita :

https://nganjuk.nganjukkab.go.id/berita/detail-berita/53

https://nganjuk.nganjukkab.go.id/berita/detail-berita/52

https://nganjuk.nganjukkab.go.id/berita/detail-berita/51