Mengenal Istilah ODP, PDP, dan Suspect


 2020-04-03 |  Kecamatan Nganjuk



Nganjuk – Dalam kasus yang baru ini Virus Corona atau yang biasa disebut Covid-19, Indonesia meriliskan berbagai istilah yang sempat membingungkan masyarakat Indonesia.

Seperti ODP, PDP dan Suspect. Istilah tersebut mempunyai banyak perbedaan. Yuk simak apa saja perbedaan dan ciri-cirinya.

  1. ODP (Orang Dalam Pemantauan)

Orang yang memiliki gejala demam atau gangguan pernafasan ringan dan pernah mengunjungi atau tinggal di daerah yang diketahui merupakan daerah penularan virus tersebut.

Selain itu, bisa juga orang sehat yang pernah melakukan kontak erat dengan kasus terkonfirmasi covid-19.

  1. PDP (Pasien Dalam Pengawasan)

Orang yang pernah memiliki riwayat pernah berkunjung atau tinggal di daerah penularan covid-19 dan memiliki indikasi atau pernah berkontak langsung dengan kasus yang terjangkit covid-19.

Orang tersebut memiliki gejala demam dan gangguan saluran pernafasan seperti batuk, pilek, sesak nafas disertai demam hingga diare.

  1. Suspect

orang yang diduga kuat terjangkit infeksi COVID-19, dengan menunjukkan gejala virus corona dan pernah melakukan kontak dekat dengan pasien positif corona. Pasien yang masuk dalam kategori ini akan diperiksa menggunakan dua metode, yaitu Polymerase Chain Reaction (PCR) dan Genome Sequencing. Pemeriksaan ini akan dilakukan untuk melihat status infeksi corona di tubuh suspect tersebut: positif atau negatif.

 

Pasien yang masuk sebagai salah satu dari ketiga kelompok tersebut akan diberitahu oleh petugas kesehatan terkait, dan umumnya diinstruksikan untuk menjalani karantina selama 14 hari.