Pembinaan Penyalahgunaan Obat Terlarang/ Narkotika di LIngkungan Kelurahan Kartoharjo


 2020-04-30 |  Kecamatan Nganjuk

Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semisintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan.

Peredaran dan penyalahgunaan Narkoba merupakan salah satu permasalahan nasional yang dipandang serius oleh pemerintah, karena dapat menyebabkan rusaknya moral bangsa. Karena itu pemerintah sangat memberikan perhatian terhadap penanganan atas penyalahgunaan Narkoba. 

Penyalah guna adalah orang yang menggunakan Narkotika tanpa hak atau melawan hukum. Ketika seseorang melakukan penyalagunaan Narkotika secara terus-menerus, maka orang tersebut akan berada pada keadaan ketergantungan pada Narkotika, baik secara fisik maupun psikis. Ketergantungan Narkotika adalah kondisi yang ditandai oleh dorongan untuk menggunakan Narkotika secara terus-menerus dengan takaran yang meningkat agar menghasilkan efek yang sama dan apabila penggunaannya dikurangi dan/atau dihentikan secara tiba-tiba, menimbulkan gejala fisik dan psikis yang khas.

Maka dari itu tim dari  Trantib Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk gabungan dengan 3 pilar berserta staf kelurahan Kartoharjo melakukan Kegiatan Pembinaan penyalahgunaan obat terlarang, di rumah Kos/ Kontrakan, tempat hiburan dan PK5 di Lingkungan Kelurahan Kartoharjo pada Rabu malam, 29 April 2020.