KELURAHAN MANGUNDIKARAN MASUK 6 BESAR NASIONAL


 2020-02-06 |  Kelurahan Mangundikaran

Hari Moektiono, S. STP, M. AP Kepala Kelurahan Mangundikaran merasa bangga atas peran serta tim kadernya dalam Program Pangan Aman di wilayahnya. Keperan sertaan itu ditunjukkan dengan semakin tumbuh kembangnya jumlah kader PAMAN yang semula  4 orang menjadi 76 orang, sehingga jumlah keseluruhannya 80 orang. Selain itu dalam  melaksanakan Program Aman juga dibantu oleh Tim dan Komunitas. Para Kader dengan sigap melakukan pembinaan dan pemantauan di lapangan sehingga pertambahan komunitas itu juga ditunjang oleh kualitas komunitas, lanjut Hari Moektiono.

Hal itu disampaikan Hari Moektiono, S. STP, M. AP saat melakukan presentasi di depan Tim Verifikasi Lapangan Lomba Desa Pangan Aman Tingkat Nasional di Aula Korwil Dikpora Kec. Nganjuk  hari Kamis, 06 Februari 2020. Saat itu juga dihadiri oleh Wakil Bupati Nganjuk, Kepala BBPOM Surabaya, Forkopimda Nganjuk dan Kepala OPD di Kabupaten Nganjuk serta para komunitas yang terdiri dari para PIRT, PKL, Warung/Ritel, Catering dan pemilik Resto.

Sekedar diketahui Program Pangan Aman yang di laksanakan di wilayah Kelurahan Mangundikaran setelah menerima bimbingan dan intervensi dari BBPOM Surabaya, program tersebut di wilayah Kelurahan Mangundikaran dinyatakan masuk 6 besar Nasional. Karenanya, Tim Verifikasi Lapangan Lomba Desa Pangan Aman Tingkat Nasional yang terdiri dari Badan POM RI dan Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, berkewajiban untuk melihat pelaksanaan Program Pangan Aman di Kelurahan Mangundikaran secara nyata.

Kedatangan tim verifikasi Nasional dan rombongan disambut oleh penampilan para kader PAMAN Kel. Mangundikaran dalam bentuk gerak dan lagu, pameran UMKM yang difasilitasi oleh Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kab. Nganjuk, serta dimeriahkan pula tarian Nganjuk NYAWIJI dari SLTP Negeri 1 Nganjuk.

Wakil Bupati Nganjuk Dr. Drs. H. Marhaen Djumadi, S.E, S.H, M.H, MBA berharap agar Program Pangan Aman yang sudah dilaksanakan di Kelurahan Mangundikaran segera dikembangkan di wilayah yang lain di Kabupaten Nganjuk. Hal itu, lanjut Wabup, Program Pangan Aman itu sudah merupakan Aksi Nasional yang sesuai dengan  UU 18 Tahun 2012 tentang pangan. Selain itu Program Pangan Aman juga sudah termasuk dalam TRI CITA BAKTI khususnya dibidang Pembangunan Sumber Daya Manusia untuk menciptakan generasi yang unggul.