Karang Taruna



Karang Taruna adalah Organisasi sosial wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa atau kelurahan dan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial.

Karang taruna tumbuh dan berkembang dari generasi muda, di urus atau dikelola oleh generasi muda dan untuk kepentingan generasi muda dan masyarakat di wilayah desa/ kelurahan. Karenanya setiap desa/ kelurahan dapat menumbuhkan dan mengambangkan karang tarunanya sendiri. Gerakannya dibidang usaha kesejahteraan sosial berarti semua upaya program dan kegiatan yang diselenggarakan karang taruna ditujukan guna mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat terutama generasi mudanya.

Pengurus karang taruna kelurahan di kukuhkan dengan surat Keputusan Kepala Kelurahan. Pengurus karang taruna selanjutnya berfungsi sebagai pelaksana organisasi dalam wilayahnya. Pengurus karang taruna di Kelurahan Cangkringan terdiri dari 9 orang dengan struktur organisasi sebagai berikut :

1. Ketua

2. Sekretaris

3. Bendahara

4. Seksi Penghijauan

5. Seksi Kerohanian

6. Seksi Pengembangan Skala Kecil Ekonomi dan Koperasi

7. Seksi Pengembangan olah raga dan kesenian

8. Seksi Pengambangan SDM

9. Seksi Humas dan kerjasama kemitraan