Sejarah Desa Kartoharjo



PROFIL SEJARAH BERDIRINYA KELURAHAN KARTOHARJO

Kartoharjo adalah sebuah desa yang diambil dari Bahasa Jawa “ Toto, tentrem Kertoraharjo yang berarti Tertib tentram damai dan Makmur.Dahulu Kartoharjo awalnya adalah hamparan Hutan yang lebat yang kemudian di babad oleh para Tokoh yang kemudian dijadikan Sesepuh Babad Kartoharjo. Adapun tokoh-tokoh tersebut adalah :

1. Hadi Projo  : Beliau adalah Bekas Prajurit dari Kerajaan Jawa Tengah yang dipimpin oleh Pangeran Diponegoro.Beliau berasal dari Desa Grobogan Jawa Tengah.Usai Perang melawan Belanda Beliau kabur lari ke Jawa Timur dan menetap di Dukuh Puyang.Di sana Beliau menjadi sesepuh masyarakat yang disegani sampai akhir hayatnya. Setiap Tahunnya hari kematiannya selalu diperingati Hari Bersih Desa pada tanggal Jum’at Legi Bulan Suro/ Muharram.

2. Mintorojo  : Beliau dalah tokoh yang membabad Dukuh Setrenan dan Klumpit yang juga sama2 melarikan diri dari peperangan Diponegiri besama Hadiprojo.Bersama Hadiprojo, Mintoprojo membangun sebuah lingkungan Kecil yang mula2 jarang penduduknya hingga berkembang pesat, baik dari segi penduduk maupun budaya. Setiap Tahunnya hari kematian beliau juga selalu diperingati Hari Bersih Desa pada tanggal Jum’at Legi Bulan Suro/ Muharram.

3. Ki Kaman Panjang : Beliau adalah Tokoh yang Babad daerah Dukuhan dan Juwet yang berasal dari daerah Sepanjang Sidoarjo.Setiap Tahun pada bulan Suro Jum’at Pahing diperingati sebagai hari Kematiannya yang oleh penduduk Desa dinamakan hari Bersih desa.

Sepeninggal kematian tiga Tokoh yang berperan penting dalam kemajuan dukuhnya masing- masing, para warga kemudian sepakat untuk menyatukan ke enam dukuhan menjadi satu kesatuan Desa yang Bernama Kartoharjo yang pada awal pemerintahannya dipimpin oleh satu Lurah yang dibantu oleh 1 carik, 3 kepala Dusun, 3 orang Bayan, 2 Orang Jogoboyo, 2 orang jogotirto dan 1 orang Modin.Struktur pemerintahan dari Kelurahan Kartoharjo menggunakan sistem Demokrasi dimana Rakyat yang memilih orang yang menjabat kepala lurah, carik  dll.

Seiring perkembangan jaman dan setelah mengalami pergantian kepemimpinan, sejak tahun 1985 Kartoharjo mengalami perubahan sistem pemerintahan dari Pemerintahan Desa menjadi pemerintahan Kelurahan dimana sebelumnya para tokoh yang menjabat di Pemerintahan Desa disebut Pamong maka di Pemerintahan Kelurahan disebut Perangkat kelurahan.

Adapun Tokoh yang pernah menjadi Kepala Desa & kepala Kelurahan adalah sbb :

1.  SASTRODIHARJO

2.  MAKOEN

3.  MARDIYO RAHARJO

4.  IB RAJAK

5.  SUKARJO

6.  SUTIKNO

7.  SETYANA DIHARTO

8.  SUBANI

9.  LUKMAN EFENDI

10.HARIYONO