KEL. MANGUNDIKARAN MASUK NOMINATOR LOMBA PAMAN TINGKAT NASIONAL


 2020-01-31 |  Kelurahan Mangundikaran

Pada tanggal 31 Januari 2020 bertempat di Kantor Kelurahan Mangundikaran, Kepala Kelurahan Mangundikaran mengadakan pertemuan dengan Komunitas Pangan Aman terkait dengan masuknya Kelurahan Mangundikaran sebagai salah satu nominator Lomba Pangan Aman Tingkat Nasional.

Sosialisasi tentang Pangan Aman sendiri pertama kali diadakan pada bulan Mei 2019, diikuti oleh 5 Desa dan Kelurahan di kabupaten Nganjuk,salah satunya adalah Kelurahan Mangundikaran. Tahap pertama setelah diadakan Sosialisasi adalah pembentukan Tim dan Kader Pangan Aman, masing-masing jumlah empat baik Tim maupun Kader Aman Pangan.

Selama bulan Mei hingga September - November, Kelurahan Mangundikaran berhasil melakukan akselerasi Tim/ Kader yang awal mulanya terdiri dari 4 Tim berkembang menjadi 8 hingga 9 Tim. Untuk Kader yang awal mulanya berjumlah 4 orang berkembang menjadi 76, yang pada akhirnya menjadi 80 orang Kader.

Untuk Komunitas, di Kelurahan Mangundikaran awal mulanya terdapat 5 Komunitas yang terdiri dari PIRT, PKK, PKL, Warung/ Retail, dan Pendidikan (Guru) yang masing-masing Komunitas tersebut jumlah anggotanya ada 10 orang sehingga dari ke-lima komunitas tersebut jumlah totalnya ada 50 orang. Dalam kurun waktu September – November, jumlahnya berkembang menjadi 1378 orang.

Berkembang pesatnya jumlah kader dalam kurun waktu yang cukup singkat tersebut, menjadikan Kelurahan Mangundikaran berhasil mencapai akselerasi yaitu melompati proses kegiatan yang semestinya melewati proses tingkatan Pratama, Madya, kemudian Mandiri, Kelurahan Mangundikaran bisa mencapai akselerasi langsung ke Tingkat Mandiri.

Camat Nganjuk Agus Irianto, S.Pd mengatakan bahwa kegiatan lomba pangan aman memerlukan peran serta aktif dari masyarakat, kader kesehatan dan aparatur pemerintah dengan para komunitas. Lomba Pangan Aman ini tidak hanya mebawa nama Kelurahan Mangundikaran saja akan tetapi juga membawa nama Kabupaten Nganjuk dan Profinsi Jawa Timur. Untuk itu kerjasama dari semua pihak sangatlah penting.

“Mudah-mudahan Program Mandiri yang menjadi Program Unggulan dan Inovasi ini bisa menjadikan Kelurahan Mangundikaran mendapat predikat atau prestasi terbaik di bidang Pangan Aman Tingkat Nasional”, tegas Hari Moektiono Kepala Kelurahan Mangundikaran.

Untuk diketahui bahwa Kelurahan Mangundikaran Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk berhasil mewakili Jawa Timur dalam lomba paman tingkat nasional bersamaan dengan Desa Pesanggrahan, Kec. Montong Gading, Kab. Lombok Timur, NTB. Desa Batu Kacang, Kec. Singkep, Kab. Lingga, Batam. Nagari Palangki, Kec. IV Nagari, Kab. Sijunjung, Sumatera Barat. Desa Cibereum, Kec. Kertasari, Kab. Bandung, Jawa Barat. Kelurahan Rawamangun, Kec. Pulogadung, Kota Administrasi Jakarta Timur, DKI Jakarta. Kelurahan Buntok Kota, Kec. Dusun Selatan, Kab. Barito Selatan, Kalimantan Tengah