LPMK



Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), adalah lembaga atau wadah yang dibentuk atas prakarsa masyarakat yang difasilitasi pemerintah desa melalui musyawarah dan mufakat, dan merupakan mitra pemerintah desa dalam menampung dan mewujudkan aspirasi serta kebutuhan masyarakat di bidang pembangunan.

LPMKr dibentuk dengan maksud untuk membantu Pemerintah Kelurahan dalam memberdayakan masyarakat kelurahan pada berbagai aspek pembangunan. Sedangkan tujuan dibentuknya LPMK itu sendiri adalah untuk mewujudkan lembaga teknis yang merupakan mitra Pemerintah Kelurahan dalam hal menyelenggarakan perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian kegiatan pemberdayaan masyarakat di bidang pembangunan.

LPMK berkedudukan sebagai lembaga yang bersifat lokal dan merupakan mitra kerja Pemerintah Kelurahan dalam bidang pembangunan. Hubungan kerja LPMK dengan pihak lain bersifat kemitraan. Pihak lain sebagaimana dimaksud adalah Pemerintah Kelurahan dan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan lainnya.

Kegiatan LPMK ditujukan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui :

  1. pemberdayaan masyarakat;
  2. peningkatan peranserta masyarakat dalam proses pembangunan
  3. pengembangan kemitraan;
  4. peningkatan pelayanan masyarakat; dan
  5. pengembangan kegiatan lain sesuai dengan kebutuhan dan potensi masyarakat setempat.

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Mangundikaran dikukuhkan dengan Surat Keputusan Bupati Nganjuk  Nomor : 188/004/K/411.509.10/2019